Kiat Pengecekan AC Kendaraan di Rumah


Tips & jalan pengecekan saat sistem ac mobil, Servis Ac mobil sendiri, bisakah servis ac mobil seorang diri, mungkin tersebut adalah perbincangan yang gaib jika kita serba ingin tahu beserta apa yang kita miliki seperti keadaan ac mobil kita satu diantara contohnya.

Untuk yang tidak target repot sebab sibuk beserta kegiatan, acara lain yang jauh kian penting, pasti lah tips pelayanan ac mobil sendiri berikut tidak berguna karena kian baik mempercayakan kepada bengkel services ac.

Di dalam sistem ac mobil merupakan serikat beberapa parts, peralatan / komponen yang bekerja maka itu kita dapat mengatur suhu kabin dan menghasilkan udara dingin di dalam kabin mobil.

Tips Investigasi atau Service Ac Mobil

Berikut adalah tips pengamatan, pengecekan ataupun servis ac mobil berdasar pada menyeluruh terhadap semua bagian ac mobil.
1. Jalan Periksa Kondisi Kerja Kompressor AC Mobil
Kompressor ac mobil dibagi menjadi dua komponen terpenting yaitu kompressor dan magnetic clutch. Usut kondisi Kompresor ac
Untuk kompressor ac beberapa point yang kudu di lakukan survei ialah periksa keadaan fisik, apakah terdapat oli yang menumpang pada tembok kompressor, bahwa ya berisi terjadi kebocoran pada kompressor, tetapi juga perlu untuk mencari tahu dari mana datangnya oli apakah mulai kompresor ataukah dari perkakas.

Bagian sesi dari kompressor ac yang biasa jadi penyebab tersiar freon yang bercampur beserta oli diantaranya pada packing antara front cover dan back cover, sambungan saluran ac di dalam kompressor baik pipa low maupun pembuluh high, reliev valve atau seal shaft compressor.

Tetapi pemeriksaan kerja kompressor ac dalam memompa refrigerant siap dilihat beserta menggunakan manometer gauge ac mobil.

dua. Cara Kontrol Magnetic Clutch atau Kopling Magnet
Kopling magnet pada kompresor ac mobil berfungsi untuk mengubungkan putaran jentera melalui puli kompressor. Saat gambar kompresor ac mobil di buat terdapat puli, armature assembly atau center piece beserta terdapat ikatan spull dalam puli, secara bersama di sebut guna magnetic clutch assy / kopling magnet ac mobil. Lihat pula test komitmen magnetic clutch..

Pemeriksaan untuk kopling magnet ini dapat dilihat dengan fisik antaralain armature assembly atau center piece minat oleh magnet ketika ac hidup, pandang gerakan ketika terhubung apakah langsung terhubung atau susup terlebih dulu. Perhatikan pula bunyi saat terhubung apakah terdengar rusuh atau lemah.

Kalau ketika terhubung terkuak bunyi keras besi setara besi berati telah tercipta keausan permukaan armatur assembly dengan tempat puli, / terdapat jarak atau ompong yang terlalu jauh (lihat gambar kompresor diatas). Serta akibat dari jarak yang terlalu tersendiri akan membawa akibat sesekali terhubung & kadang tidak terhubung terutama jika suhu kompresor sudah biasa panas, sebab kemampuan magnet untuk memukau center piece berkurang saat panas.

& hal itu kita dengan merasakan ac kadang tewas dan ac kadang ribut sebagai akibat celah rumpang center piece dan segi puli yang terlalu tersendiri. Jarak antara puli serta center piece yang cantik berada di antara 0, 25mm sampai 0, 5mm.

Jurang atau kesempatan center piece dengan tempat puli kompresor diatur sama ketebalan cincin plat yang digunakan rumpang center piece dengan shaft atau as kompressor. Berubahnya jarak itu biasanya karena memang sungguh waktunya penggantian spare part ac tersebut.

Hal diatas disebabkan sebab pada tatkala ac mobil dihidupkan permukaan center piece yang hambar secara tiba-tiba terhubung beserta permukaan puly yang bersirkulasi terus-menerus. Serta ini tercipta setiap ac mobil on dan off, tentu saja terjumpa masa pakainya.

Jarak antara puli serta center piece yang terlalu jauh beserta tanda huyung keras ketika center piece terhubung pada beberapa segel kompressor ac juga menyebabkan armature assembly bisa tamat pada piringan pegas, disamping itu jika jarak terlalu jauh peluang kemagnetan dari magnetic clutch tidak dapat menarik center piece saat kondisi gawat.

3. Investigasi Kondensor AC
Secara rangka pemeriksaan kondensor ac bisa di lakukan dengan tahu sirip-sirip dalam kondensor apakah ada ditemui basah oli ac yang menandakan ditemui kebocoran saat kondensor dan periksa apakah ada turun sirip tertekuk atau selekeh yang menyerang pendinginan kondensor.

4. Kontrol Pipa-Pipa AC dan Slang Flexible
Menilik pipa ac baik saluran flexible atau pipa aluminium dari prospek bocor / pun peluang bergesekan beserta bagian mobil yang lain, yang bisa menjadi penyebab terjadinya kebocoran.

Usut atau menilik sambungan-sambungan dari kemungkinan merembes yang ditandai dengan tampil basah sama oli ac pada seri pipa ac tersebut.

Periksa juga Service Valve daripada kebocoran yang mungkin berlangsung, hal yang serupa juga dapat di langut jika tercipta bocor dalam service valve akan tampak basah beserta bekas oli di lebih kurang servis valve (pentil saat pipa ac untuk menimbun dan mendepak freon) itu.

5. Interogasi Receiver Drier
Receiver drier ini berfungsi untuk menampi kotoran semoga tidak lolos ke lidah expansi, untuk ac mobil dengan macam receiver drier yang terbelah dari kondensor dilengkapi dengan sight glass dan pressure switch.

Untuk pemeriksaan receiver drier jenis terpisah dengan kondensor yang kebanyakan bertipe T / tipe Ketul, periksa juga dari nampaknya bekas oli ac dalam sekitar sambungan IN & OUT karena pada bagian berikut sering pula terjadi kebocoran freon atau oli ac karena sil yang meningkat atau pula biar sambungan pembuluh ac yang terhubung tenang keras.

Mesti dilihat pun kondisi freon melalui sight glass yang terdapat saat atas receiver drier apakah sight glass terlihat putih atau warna hitam, jika terlihat kehitaman pertimbangkan untuk penggantian receiver drier dan kontrol ac mobil secara keseluruhan ke bengkel servis ac mobil.

Untuk kabel pressure switch usut kondisi soket serta kabel yang terhubung apakah terlihat dalam pemastian terhubung secara baik ataupun tidak.

6. BENGKEL SERVICE AC MOBIL Pemeriksaan pada Expansi Valve
Untuk ekpansi Valve ataupun katup expansi pada ac mobil ada beberapa macam, jenis expansi valve yang bisa aku periksa kondisinya dari luar adalah klep expansi yang bebentuk persegi.

Walaupun expansi berbentuk ruang ini pun ada juga yang di tempatkan dalam rumah evaporator, tergantung konstruksi evaporator. Tiruan pada paling banyak mobil atas Toyota ekspansi Valve berikut bisa dilihat dari luar, beserta mudah untuk bongkar perangkat tanpa memprakarsai Evaporator.

Dan untuk ratifikasi secara ringan adalah secara melihat keadaan secara fisik apakah ditemui bekas oli ac yang berada dalam sekitar lidah expansi itu yang menandakan telah tercipta bocor pada seal terusan pipa ac.

Sedangkan tipe katup expansi yang terletak di dalam griya evaporator, kita tidak mampu melihat ondisi secara fisik, tetapi siap di perhatikan kerja nya dari tekanan yang pada ukur, untuk yang berikut mungkin segala orang bukan bisa mengamati kondisinya kecuali teknisi.

tujuh. Pemeriksaan Evaporator
Pemeriksaan ataupun pengecekan dengan cara gampang kondisi Evaporator bisa dijalani dengan merasakan hembusan bayu melalui grill ac.

Jika terasa siklon kurang kencang dan imbalan yang disebabkan nya ialah ac kurang dingin / terkadang gas tidak tampak untuk kurang lebih tipe ac mobil, tidak ada salahnya berbuat pembersihan evaporator karena vulgar.

8. Inspeksi Blower
Ratifikasi blower berdasar pada mudah juga bisa dikerjakan dengan mendengarkan putaran blower apakah terdengar kasar ataukah terdapat suara-suara lain mulai blower. Semisal adalah terdapat dedaunan polos yang merembes ke blower ataupun huyung blower yang disebabkan oleh bushing motor blower yang sudah rongsok. Sehingga ketika ac hidup terdengar huyung yang lebat (hujan) dari motor blower ini.

9. Interogasi Fan Kondensor
Fan kondensor atau pula biar yang sebagai satu dengan fan radiator perlu kalian periksa pun kecepatan hembusan angin, arah hembusan angin serta penetapan soket kabel pada fan condensor tersebut. Untuk sesuatu ini bila fan condensor mati saat beberapa macam mobil jadi penyebab naiknya temperatur perabot ketika ac dihidupkan.

10. Pemeriksaan Drive Belt
Drive belt dalam ac mobil menghubungkan rumpang puli kompressor ac secara puli cranksaft mesin. Ratifikasi bisa dikerjakan dengan melihat kondisi apakah terlihat retak-retak atau tetap baik, jika terlihat retak, langkah baiknya adalah pada ganti, menghindari putus pada tengah pikiran. Karena drive belt ac mobil tersebut pada sejumlah merek & tipe mobil menyatu secara putaran water pump bersama Alternator. Bahwa putus di tengah pikiran tidak sekadar ac mobil yang tidak tenteram, tetapi pendinginan mesin serta pengisian inyik dari Alternator juga tidak bekerja.

11. Pemeriksaan Nominal Freon Di dalam AC Mobil
Pemeriksaan jumlah freon / cara cek freon di dalam ac mobil bisa di lakukan dengan manual oleh sight glass yang terdapat pada receiver drier, apabila sistem ac menggunakan receiver drier yang menjadi satu dengan kondensor, maka sight glass itu terletak saat saluran corong tekanan tinggi.

1. Hidupkan mesin mobil, jika turun gelembung warna putih saat idle kemudian menyesar menjadi bening saat dalam gas ihwal freon pas.

2. Jika terlihat bergelembung warna putih baik saat jentera idle ataupun saat mesin di udara artinya freon kurang, freon kurang berikut terdapat dua kemungkinan yaitu memang freon kurang atau freon bukan bisa masuk lebih banyak sebab di dalam bentuk terlalu penuh oli.

3. Pada sight glass tampak bening bagus saat idle atau saat mesin di gas mempunyai didalam bentuk terlampau banyak freon.

Untuk mendapatkan perolehan pemeriksaan tolakan freon yang benar serta akurat mesti menggunakan manometer gauge guna alat bantuan ac mobil atau jentera AC R3 untuk usut jumlah freon yang terdapat pada bentuk ac.
Search form
Display RSS link.
Link
Friend request form

Want to be friends with this user.

QR code
QR